Sejarah Lengkap Reli Dakar, Balap Off-Road Terganas di Dunia
15 November 2024
Sejarah Lengkap Reli Dakar, Balap Off-Road Terganas di Dunia

Hai, Autogenk! Kamu pasti sudah tahu atau pernah dengar tentang Reli Dakar, kan? Ajang ini bukan hanya soal balapan biasa, tapi tentang ketangguhan fisik, mental, dan kemampuan teknis dalam menghadapi medan yang ekstrem. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang sejarah, kategori, dan mengapa Reli Dakar dianggap sebagai balapan paling ganas di dunia.

Sejarah Reli Dakar: Dari Gurun ke Dunia

Reli Dakar pertama kali diadakan pada Desember 1977, berawal dari ide Thierry Sabine. Ide ini muncul setelah ia tersesat di Gurun Ténéré pada 1975 saat mengikuti reli “Cote-Cote” Abidjan-Nice. Thierry menyadari bahwa gurun adalah medan yang sangat menantang sekaligus menarik untuk dijadikan lokasi balapan reguler. Setahun kemudian, Reli Dakar resmi digelar dengan lintasan melintasi gurun pasir yang ganas.

Menariknya, jauh sebelum Reli Dakar dimulai, Ginger Baker, mantan drummer band Cream, pernah melakukan perjalanan ekstrem menggunakan Range Rover dari Aljazair ke Lagos, Nigeria pada 1971. Meskipun tujuannya bukan untuk balapan, perjalanan itu menunjukkan bagaimana medan berat dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan ekstrem seperti Reli Dakar.

Pada awalnya, reli ini dimulai dari Paris, Prancis, dan berakhir di Dakar, Senegal. Namun, karena alasan keamanan, lintasan dipindahkan ke berbagai lokasi, termasuk Amerika Selatan dan kini di Arab Saudi sejak 2020. Reli Dakar 2023 menjadi edisi ke-45 dan digelar di Arab Saudi untuk keempat kalinya, berlangsung dari 31 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

Kategori Balapan Reli Dakar

Reli Dakar memiliki berbagai kategori yang dibagi berdasarkan jenis kendaraan. Berikut adalah kategori-kategori tersebut:

  1. Sepeda Motor
    Kategori ini mulai diperkenalkan pada 2005. Motor yang boleh ikut adalah motor dengan batas 450cc untuk silinder ganda, sementara untuk silinder tunggal tidak ada batas kapasitas.
  2. Quads
    Awalnya, quads merupakan bagian dari kategori sepeda motor, tetapi sejak 2009 menjadi kategori tersendiri. Kendaraan ini harus memiliki mesin silinder tunggal dengan kapasitas maksimal 750cc atau 900cc.
  3. Mobil
    Kategori ini mencakup kendaraan dengan berat di bawah 3.500 kilogram, seperti buggy hingga SUV kecil. Mobil-mobil ini dibagi lagi menjadi beberapa grup berdasarkan jenis mesin dan penggerak.
  4. Truk
    Truk yang berlomba di Reli Dakar memiliki berat lebih dari 3.500 kilogram. Kategori ini pertama kali diperkenalkan pada 1980 dan dibagi menjadi beberapa grup, termasuk truk produksi seri, modifikasi, dan truk pendukung reli.
  5. UTV (Utility Task Vehicle)
    UTV menjadi kategori terpisah pada 2017 dan semakin populer. Pada 2021, kategori ini dibagi lagi menjadi prototipe ringan (T3) dan kendaraan produksi (T4).
  6. Klasik
    Mulai diperkenalkan pada 2021, kategori ini untuk kendaraan yang diproduksi sebelum tahun 2000 atau kendaraan baru yang dibuat dengan spesifikasi klasik.

Kenapa Reli Dakar Dikenal Sebagai Balapan Paling Ganas?

Autogenk, ada beberapa alasan kenapa Reli Dakar sering disebut sebagai balapan paling ganas di dunia. Pertama, jarak tempuhnya luar biasa. Para pembalap harus melintasi lebih dari 500 kilometer per hari, jauh berbeda dengan reli biasa yang hanya sekitar 10 kilometer per etape.

Selain itu, medan yang dilalui sangat berat. Kamu akan menemukan bukit pasir, jalanan berbatu, lumpur, hingga rumput unta. Kondisi gurun yang panas, debu, dan pasir menjadi tantangan tambahan yang harus dihadapi pembalap. Berbeda dengan balapan sirkuit yang memiliki standar lintasan, Reli Dakar benar-benar menguji kemampuan pembalap di alam liar.

Yang lebih ekstrem lagi, jika terjadi kerusakan pada kendaraan, para pembalap harus memperbaikinya sendiri di tengah gurun. Tak jarang, hanya sedikit peserta yang mampu bertahan hingga garis akhir. Misalnya, di tahun-tahun awal Reli Dakar, dari 182 kendaraan yang ikut, hanya 74 yang berhasil menyelesaikan lomba.

Baca Juga: Sejarah Formula 1, Ajang Balap Mobil Paling Bergengsi

Reli Dakar bukan sekadar balapan, Autogenk. Ini adalah ujian sejati bagi manusia dan mesin di medan yang paling ekstrem di dunia. Dari sejarahnya yang penuh inspirasi hingga kategori balapannya yang beragam, Reli Dakar terus menjadi simbol ketangguhan dan keberanian.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejak para pembalap yang menghadapi ganasnya gurun di ajang ini? 

Cari Mobil dengan Kondisi Bagus & Bergaransi? Simak Promo Mobil Bekas Caroline.id

Mobil DP dan Cicilan Bisa Menyesuaikan, Mulai 5 Juta!

Pertama, ada promo TDP mulai 5 Juta. Yak kamu tidak salah dengar kok, beli mobil lebih murah dari motor, 5 juta! Dan pastinya cicilannya bisa menyesuaikan kok.

Konsep penawaran ini mencakup Tanda Dana Pemesanan (TDP) sebesar mulai Rp 5 juta dengan cicilan yang ringan, persetujuan kredit yang cepat, dan proses negosiasi hingga mencapai kesepakatan.

Jual Mobil, Dapat Dapat Penawaran Harga yang Fair

Bagi Autogenk yang ingin menjual mobil atau melakukan tukar tambah, Caroline.id menyediakan tim inspeksi profesional yang akan memeriksa mobil langsung di rumah pelanggan atau di cabang Caroline terdekat yang dapat dikunjungi. Tim inspeksi ini akan melakukan pengecekan dan memberikan taksiran harga mobil dalam waktu 30 menit. Setelah kesepakatan tercapai dan dokumen lengkap, dana akan segera ditransfer dalam hitungan jam.

Bagi Autogenk yang ingin menjual atau melakukan tukar tambah mobil lama, Caroline.id menawarkan promo khusus berupa jaminan ditawar harga tertinggi untuk mobilmu.

Jadi, tunggu apa lagi, JUAL BELI MOBIL BERGARANSI CUMA DI CAROLINE.ID!